thumb

Model PESO dalam Strategi Komunikasi

Published on 2023-08-20

Penulis: Indira Daniswari dan Nabila Izatu

Editor: Muhammad Lauda


Bogor, CPROCOM - Creative People, kenalkah kamu dengan Gini Dietrich, seorang CEO perusahaan komunikasi pemasaran yang menawarkan sebuah model media komunikasi baru? Model tersebut dikenal dengan nama Model PESO. Model PESO mengambil empat jenis media – paid media, earned media, shared media, owned media – dan menggabungkan semua jenis media tersebut (Dietrich, 2020). Penggunaan Model PESO dianggap lebih efektif karena kita dapat menggunakan dan mengukur bukan hanya dari sisi media tradisional, melainkan juga media digital. Yuk, kita berkenalan dengan empat komponen Model PESO.

Empat komponen Model PESO :

Paid Media

Paid media adalah pemasangan konten di berbagai media berbayar. Paid media mencangkup iklan media sosial seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, dan iklan offline seperti OOH (Out of Home), iklan televisi, dan iklan surat kabar. Kontrol kita dalam paid media bisa dibilang tinggi karena kita dapat mengatur pesan kunci, desain konten, waktu tayang, hingga target jangkauan.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari paid media? Kelebihan dari paid media adalah skalabilitas serta jangkauan yang luas. Selain itu, kita juga dapat membuat target pasar yang lebih spesifik. Pengukuran performa paid media juga sangat mudah. Namun, paid media memiliki kekurangan, yaitu biaya yang tinggi, trust gain yang rendah dari target pasar, dan kebergantungan pada algoritma platform. Penggunaan paid media membutuhkan riset dan perencanaan yang matang agar return of investment yang didapat lebih optimal.

 

Earned Media

Earned media merupakan publikasi kegiatan dan informasi terkait perusahaan/organisasi/lembaga di media massa tanpa dibayar. Contohnya adalah artikel di portal berita dan liputan oleh stasiun televisi. Kontrol kita dalam publikasi earned media dapat dikatakan rendah karena pesan kunci liputan, tone of coverage, waktu penayangan, dan jenis platform dikontrol oleh pihak ketiga yang tidak memiliki ikatan dengan perusahaan/organisasi/lembaga kita. Walaupun begitu, dengan taktik media relations yang tepat, kita dapat meningkatkan daya persuasi kita atas media independen.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari earned media? Kelebihan dari earned media yaitu dapat membangun dan memperkuat tingkat kepercayaan publik secara signifikan karena publik menganggap konten di media massa adalah konten yang objektif dan minim bias. Kekurangan earned media adalah dibutuhkan waktu, usaha, dan sumber daya manusia yang banyak untuk menjalin relasi yang baik dengan media massa. Tunggu tips dan trik media relations di artikel kami selanjutnya ya, Creative People!

 

Shared Media

Shared media merupakan bentuk distribusi konten perusahaan/organisasi/lembaga yang secara sukarela dibagikan oleh para audience-nya. Seringkali, audience membagikan konten kita dengan penambahan komentar atau testimoni. Contoh dari shared media adalah kegiatan repost konten media sosial oleh pembaca. Tidak hanya di media digital, shared media juga ada di kegiatan offline. Contoh yang paling sering dijumpai adalah word of mouth. Tingkat kontrol shared media tidak tinggi maupun rendah. Alasannya adalah walaupun kita dapat mengontrol penuh isi dari konten yang dibagikan, kita tidak dapat mengontrol komentar atau testimoni yang mungkin ditambahkan saat audience membagikan konten.

Kelebihan dari shared media adalah amplifikasi jangkauan konten di luar dari followers kita dan kemampuan membangun kepercayaan publik lewat komentar tambahan yang positif. Sedangkan kekurangannya shared media adalah resiko ketidakpastian tone saat audience membagikan konten.

 

Owned Media

Owned media merupakan publikasi pada platform milik perusahaan/organisasi/lembaga. Misalnya, konten melalui media sosial, website, dan podcast. Kelebihan dari kegiatan owned media yaitu memiliki risiko rendah dan berfungsi sebagai aset jangka panjang dalam upaya komunikasi. Kekurangannya yaitu memiliki jangkauannya yang relatif lebih kecil dari tipe media lainnya dan membutuhkan usaha yang besar untuk membangun audience base yang loyal.

 

Mungkin Creative People bertanya-tanya, apa sih keunggulan dari Model PESO ini di dalam strategi komunikasi? Keunggulan utama dari Model PESO adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan kekuatan masing-masing elemen media. Dengan menyelaraskan strategi paid, earned, shared, dan owned, kita dapat merancang strategi komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan target audience. (ID & NI)

 

https://www.glngirwn.com/blog/model-peso/amp/

https://sis.binus.ac.id/2020/08/26/peso-model/

https://indonesiapr.id/model-peso-sebagai-tolok-ukur-pr-yang-lebih-akurat/

Leave a comment


Your e-mail address won't be published. Required fields are mark *

Loading
Your comment has been sent. Thank you!