Dr. I. Wahyu Marjaka, M.Eng. (Direktur Mobilisasi Sumberdaya Sektoral dan Regional, Ditjen. PPI KLHK

“New normal menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kita semua. Emisi dari transportasi dan industri menurun sangat signifikan. Harga bahan bakar minyak, baik minyak bumi, gas maupun batubara menurun signifikan karena berkurangnya konsumi energi untuk transportasi dan industri. Di sisi lain, emisi konsumsi rumah tangga meningkat.”

“Kualitas udara masa pandemi ini sangat mendukung perbaikan kualitas lingkungan. Kita bisa melakukan recovery dan healing. Peluang dan tantangan untuk mempertahankan perbaikan kualitas lingkungan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga konsumsi energi dan pengendalian emisi polutan dan emisi gas rumah kaca.”

“Saat kita memasuki new normal dan kembali beraktivitas seperti semula, pastinya dampak terhadap lingkungan akan sejajar atau paralel. Untuk menghindari hal tersebut dan menahan emisi gas rumah kaca, perlu ada strategi yang mendorong komitmen kita untuk efisiensi energi. Selain itu, perlu adanya komunikasi pemerintah yang tepat dan adanya kolaborasi.”

“Kegiatan komunikasi juga ditujukan bagi generasi muda yang dapat melakukan provoke dan influence ke publik untuk mengambil peluang menjadi lingkungan hidup yang lebih baik pada masa Covid-19 dan new normal. Pemuda juga dapat menjadi leader perubahan sikap dan tatanan hidup hemat energi, serta ramah lingkungan menuju berkelanjutan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

WHATSAPP US whatsapp