Dicky Edwin Hindarto (Ketua Dewan Pembina YMH, Pendiri YIBB, Pakar Efisiensi Energi dan Pasar Karbon)

“Dunia saat ini sedang mengalami penurunan penggunaan energi karena terjadinya penurunan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan pergeseran permintaan dari sektor lain ke sektor rumah tangga. Penggunaan energi di rumah tangga inilah sekarang yang perlu untuk dilakukan efisiensi energi. Untuk itu, pemerintah dan semua pihak terkait sebaiknya mengingatkan lagi masyarakat untuk melakukan efisiensi energi melalui kampanye hemat energi.”

“Menghadapi era normal baru, kita harus tetap konsisten melakukan upaya efisiensi energi. Ini karena saya prediksikan akan terjadi “snob effect” yang disebabkan konsumsi energi pada saat dimulainya lagi ekonomi akan lebih rendah dari masa sebelumnya. Hal ini kalau tidak diantisipasi akan menyebabkan keborosan energi luar biasa karena pasokan berlimpah sementara konsumsi masih rendah.”

“Kenapa? Karena efisiensi energi adalah bukan fungsi dari tinggi rendah konsumsi energi saja tetapi juga terutama tinggi rendahnya output atau hasil produksi. Atau singkatnya efisiensi energi adalah konsumsi energi per satuan output. Semakin rendah konsumsi energi persatuan output, semakin tinggi efisiensi energinya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

WHATSAPP US whatsapp