Agus Kuncoro, M.Si. (Direktur Peningkatan Sarana dan Prasarana, Kementerian Desa, Pembangungan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi) dengan topik: “Komunikasi Lingkungan Hidup di Kawasan Perdesaan”

“Ada 10 langkah dalam strategi komunikasi lingkungan yang bersumber dari buku “Environmental Communication and The Public Sphere” karya Rober Cox. Sepuluh langkah tersebut terbagi menjadi 4 langkah besar, yaitu:  penilaian, perencanaan, produksi, aksi dan refleksi. Analisis situasi, pemilihan media, dan desain pesan akan memunculkan komunikasi lingkungan yang merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan isu lingkungan pada masyarakat. Diharapkan masyarakat kemudian akan berpartisipasi dan mematuhi kebijakan pemerintah pada wilayah perdesaan”

“Hakikat pembangunan perdesaan adalah menjadikan manusia di perdesaan berani menghadapi tantangan lingkungan, sehingga pemerintah memegang peranan dalam membentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan”

“Desa dapat mandiri untuk menangani pengurangan emisi karbon dan risiko bencana terkait perubahan iklim dengan mengusulkan program lingkungan hidup yang bersinergi dengan program di kecamatan, kabupaten dan povinsi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

WHATSAPP US whatsapp